Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Jumat, 02 Mei 2014

Contoh Karangan Popouler

BANK INDONESIA UBAH LIMBAH UANG MENJADI SOUVENIR CANTIK

            Bank Indonesia adalah lembaga keuangan negara yang bertugas mengedarkan dan menarik kembali uang dari masyarakat terhadap semua uang yang beredar. Dari semua uang yang diedarkan dan kembali ke Bank Indonesia, tidak sedikit ditemukan sudah dalam konsidi tidak layak. Uang yang dianggap tidak layak karena rusak akibat streples atau terdapat coretan. Uang-uang kertas tersebut kemudian dikumpulkan untuk diracik yang kemudian akan dimusnahkan. Melihat bayaknya uang yang harus dimusnahkan, Perwakilan Bank Indonesia Solo dan Yogyakarta berinisiatif memanfaatkan limbah uang kertas tersebut agar lebih bermanfaat.
            Di Solo, tiap hari memproduksi rata-rata 200 kilogram uang tidak layak edar. Limbah uang kertas berbentuk briket tersebut tidak bisa dibakar karena dapat mencemari lingkungan. Maka, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Solo bekerja sama dengan perajin kertas koran bekas, Siti Aminah, untuk mengolah limbah uang kertas menjadi bahan baku kerajinan. Sebagai tahap awal, Siti Aminah pernah memproduksi buku catatan dan wadah dari limbah uang kertas yang kemudian dia berencana membuat cenderamata, keranjang sampah, dan pembungkus makanan atau batik dari limbah uang kertas.
            Sedangkan di Yogyakarta, dalam tiap bulannya KPBI Daerah Istimewa Yogyakarta menerima sekitar Rp 203 miliar uang yang harus dimusnahkan. Pada tahun 2013 saja KBPI DIY menerima sekitar Rp 213 miliar jumlah uang yang rusak. Bekerja sama bekerja sama Usaha Kecil Menengah Mikro (UMKM), KPBI DIY berhasil memanfaatkan limbah uang kertas menjadi sebuah souvenir, dari gantungan kunci hingga tempat pulpen yang semuanya memanfaatkan hasil dari limbah uang kertas tersebut. Untuk sementara, souvenir cantik hasil limbah uang kertas tersebut masih digunakan sendiri di kalangan KPBI DIY.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar