Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Selasa, 18 Juni 2013

Keberhasilan Ketahanan Nasional Indonesia

            Kondisi Ketahanan Nasional merupakan pencerminan yang mencakup aspek ideologi, politik, ekonomi, sosial, budaya dan perthanan keamanan. Kondisi ini harus ada dalam semua aspek kehidupan bermasyarakat, berbangsa, dan bernegara dalam wadah Negara KEsatuan Republik Indonesia yang di landasi oleh landasan idiil Pancasila, landasan konstitusional UUD 1945, dan landasan visional Wawasan Nusantara. Untuk mewujudkan keberhasilan Ketahanan Nasional setiap warganegara perlu:

            1.  Memiliki semangat perjuangan bangsa dalam bentuk Perjuangan Non                 Fisik yang disertai keuletan dan ketangguhan tanpa kenal menyerah dan                   mampu mengembangkan kekuatan nasional dalam rangka menghadapi                   segala tantangan, ancaman, hambatan, dan gangguan yang datang dari                   luar maupun dari dalam untuk menjamin identitas, integritas,                                   kelangsungan hidup bangsa dan negara serta pencapaian tujuan nasional.

            2.  Sadar dan peduli akan pengaruh-pengaruh yang timbul pada aspek                       ideologi, politik, ekonomi, sosial budaya dan pertahanan keamanan,                           sehingga setiap warga negara Indonesia dapat mengeliminir tersebut.

              Apabila setiap warganegara Indonesia memiliki semangat perjuangan bangsa, sadar serta peduli terhadap pengaruh yang timbul serta dapat mengeliminir pengaruh tersebut, Ketahanan Indonesia akan berhasil. Perwujudan Ketahanan Nasional memerlukan satu kebijakan umum dan pengambilan kebijakan yang disebut Politik dan Strategi Nasional (Polstranas).


Yunan Wardana | 17211658 | 2EA17
Source : Pendidikan Kewarganeraan, Penerbit Gramedia Pusaka Utama, Jakarta 2005


Tidak ada komentar:

Posting Komentar