Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Kamis, 03 Oktober 2013

Perilaku Konsumen

            Perilaku Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan dengan pencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan. Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dengan mudah, sedangkan untuk harga barang berjual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan pertimbangan yang matang.

Konsumen
            
            Sebelum membahas lebih jauh tentang perilaku konsumen, ada baiknya mengetahui sekilas tentang apa itu konsumen, konsumen adalah setiap orang pemakai barang dan (atau) jasa yang tersedia dalam masyarakat, baik bagi kepentingan sendiri, keluarga, orang lain, maupun makhluk hidup lain dan tidak untuk diperdagangkan kembali.

Berdasarkan wujud/jenis konsumen ;
1. Personal Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa untuk
penggunaannya sendiri.
2. Organizational Consumer : konsumen ini membeli atau menggunakan barang atau jasa
untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan organisasi
tersebut.
berdasarkan ciri-ciri dari konsumen;
1. Bersifat rasional:
  • Konsumen memilih barang berdasarkan kebutuhan
  • Barang yang dipilih konsumen memberikan kegunaan optimal bagi konsumen
  • Konsumen memlih barang yang mutunya terjamin
  • Konsumen memilih barang yang harganya sesuai dengan kemampuan konsumen
2. Bersifat irrasional:
  • Konsumen sangat cepat tertarik dengan iklan dan promosi di media cetak maupun elektronik
  • Konsumen memiliki barang-barang bermerk atau branded yang sudah dikenal luas
  • Konsumen memilih barang bukan berdasarkan kebutuhan, melainkan karena gengsi atau prestise

Penelitian konsumen sebagai suatu bidang yang dinamis
            Perilaku konsumen dikatakan dinamis karena proses berpikir, merasakan, dan aksi dari setiap konsumen, kelompok konsumen selalu berubah secara konstan. Sifat yang dinamis demikian menyebabkan pengembangan strategi pemasaran menjadi sangat menantang sekaligus sulit. Suatu strategi dapat berhasil pada suatu saat dan tampat tertentu tapi gagal pada saat dan tempat lain. Karena itu suatu perusahaan harus senantiasa melakukan inovasi-inovasi secara berkala untuk meraih konsumennya.

Yunan Wardana/17211658/3EA17
Sources : Disini | Disini | Disini | Disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar