Masalah adalah suatu kondisi yang memiliki potensi untuk menimbulkan kerugian atau menghasilkan keuntungan yang luar biasa. Jadi sebuah masalah tidak harus berkaitan dengan sesuatu yang merugikan. Kemudian pengertian pemecahan masalah adalah tindakan memberi respon terhadap masalah untuk menekan akibat buruknya atau memanfaatkan peluang.
Dalam memecahkan suatu masalah harus ada yang namanya
pengambilan keputusan. Keputusan adalah pemilihan strategi atau tindakan. Maka
pengertian pengambilan keputusan adalah tindakan memilih strategi atau aksi
yang diyakini manajer akan memberikan solusi terbaik atas masalah tersebut.
Jadi kunci pemecahan masalah adalah mengidentifikasi berbagai
alternatif dari keputusan.
ELEMEN PEMECAHAN MASALAH
Elemen - elemen
dari proses pemecahan masalah:
- Masalah
- Desired state (keadaan yang diharapkan)
- Current state (keadaan saat ini)
- Pemecah masalah/manajer
- Adanya solusi alternatif dalam memecahkan masalah
- Solusi
Konsumen menggunakan pemecahan masalah yang terbatas ketika mereka melakukan sedikit usaha untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Hal ini sering dilakukan oleh konsumen ketika membeli suatu produk yang telah mereka gunakan sebelumnya.
- Alternatif-alternatif dibedakan dengan cara yang relevan, misalnya pembelian rumah.
- Tersedianya waktu yang memadai untuk pertimbangan yang mendalam untuk membeli produk.
- Terdapat tingkat keterlibatan yang tinggi dalam menyertai pembelian.
- Motivasi merupakan suatu dorongan yang ada dalam diri manusia untuk mencapai tujuan tertentu.
- Persepsi merupakan hasil pemaknaan seseorang terhadap stimulus atau kejadian yang diterimanya berdasarkan informasi dan pengalamannya terhadap rangsangan tersebut.
- Pembentukan sikap merupakan penilaian yang ada dalam diri seseorang yang mencerminkan sikap suka atautidak suka seseorang akan suatu hal.
- Integrasi merupakan kesatuan antara sikap dan tindakan.
- Pembelajaran merupakan proses belajar yang dilakukan seseorang setelah membeli produk tersebut dengan melihat apakah produk tersebut memiliki kegunaan dan akan dijadikan sebagai alternatif dalam pembelian selanjutnya.
IMPLIKASI PADA STRATEGI PEMASARAN
Penetapan strategi
akan tergantung pada bagaimana proses keputusan dilakukan oleh pembeli.
Implikasi strategi perilaku konsumen akhir akan dapat dilihat apakah konsumen
mengambil keputusan pembelian dalam situasi yang komplek, atas dasar kebiasaan
atau karena tidak banyak membutuhkan pertimbangan khusus untuk melakukan pembelian.
Pengambilan Keputusan Kompleks
Proses pengambilan
dalam situasi yang komplek pada umumnya menganut pola:
- Kebutuhan
- Pemrosesan informasi oleh konsumen
- Kebutuhan
- Pemrosesan informasi oleh konsumen
Semua ini saling
berhubungan sebagai pengambilan keputusan.
- Munculnya kebutuhan akan suatu produk dapat disebabkan factor demografis, psikografis atau lingkungan eksternal lainnya.
- Adanya kebutuhan yang belum terpenuhi akan mendorong seseorang untuk mencari informasi dan lebih tanggap terhadap rangsangan atau stimuli yang berkaitan dengan pemenuhan kebutuhan itu. Contohnya melalui iklan, teman dan sebagainya.
- Konsumen akan melakukan evaluasi terhadap berbagai merek produk yang di peroleh selama proses pencarian informasi.
- Proses pembelian dilakukan setelah dilakukan evaluasi terhadap berbagai kriteria.
- Perilaku pasca pembelian adalah meerupakan proses evaluasi setelah seorang konsumen mempelajari atau mengetahui lebih dalam tentang produk yang di beli, seperti kepuasan, ketidak puasan, dan pertentangan.
Segmentasi pasar
Studi tentang proses
keputusan pembelian dilakukan untuk menentukan segmen pasar dan pada akhirnya
target pasar yang akan dilayani dengan produk perusahaan. Sebagai contoh, dalam
pembelian kamera, informasi yang diperoleh mungkin dapat dipergunakan untuk
membagi pasar kamera berkualitas ke dalam dua segmen: feature-oriented segment,
dan self confidence, quality-oriented segment.
Pengembangan
produk
Pemahaman terhadap
kebutuhan konsumen akan berpengaruh terhadap proses pengembangan produk.
Penempatan posisi
produk dalam persaingan
Pemahaman terhadap
proses keputusan pembelian yang kompleks juga akan menentukan ketepatan pemasar
untuk memilih dan menempatkan posisi produk dalam persaingan.
Yunan Wardana | 17211658 | 3EA17
Sources : Disini | Disini | Disini
Yunan Wardana | 17211658 | 3EA17
Sources : Disini | Disini | Disini
Tidak ada komentar:
Posting Komentar