Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Sabtu, 19 Januari 2013

UMKM + Teknologi Informasi = Triliyunan Rupiah

               Di era modern seperti saat ini, peranan teknologi informasi sangat memudahkan segala aktifitas sehari-hari, dari kegiatan belajar mengajar, pemerintahan, serta para pelaku bisnis UMKM-pun hendaknya menggunakan teknologi informasi komputer.              
               Sebab, perputaran bisnis bagi kalangan pelaku UMKM bisa mencapai triliyun-an rupiah, jika menggunakan metode teknologi informasi yang tepat. Menurut Executive General Manager Telkom Divisi Business Service, Slamet Riyadi, prospek bisnis UKM melalui teknologi informasi akan mencapai Rp 18,6 triliun di tahun 2014 mendatang. Melonjak 60,3% dari nilai bisnis di 2010 yang diperkirakan berjumlah Rp 11,6 triliun. Dengan solusi teknologi informasi komputer yang tepat, pertahun 12,83% jika dilihat dari Compound Annual Growth Rate atau CAGR.
               Padahal, dengan solusi teknologi informasi komputer yang sesuai dengan kebutuhan para pelaku Small Medium Enterprise (SME) nilai bisnisnya akan meningkat. menurut Slamet, Komunitas UKM atau SME yang melek teknologi informasi komputer, mulai tumbuh dan membutuhkan solusi serta mobilitas yang bisa menunjang kelancaran bisnisnya. Kebutuhan akan teknologi informasi komputer di segmen UKM ini, sayangnya, selama ini belum dilayani secara serius.
               Kementrian Koperasi mencatat, hingga Juni 2009 lalu jumlah koperasi di Indonesia mencapai 166.155 unit, dengan permodalan koperasi aktif yang terdiri dari modal sendiri Rp 27,27 triliun dan modal luar Rp 36,25 triliun dengan nilai volume usaha Rp 55,26 triliun.
               Badan Pusat Statistik (BPS) juga mencatat jumlah UKM di Indonesia sebanyak 520.220 unit. Sementara dana Kredit Usaha Rakyat (KUR) yang disalurkan sejak Januari 2008-Januari 2010 sekitar Rp 17,541 triliun untuk 2,4 juta debitur.
               Bisa dilihat dari data-data diatas, nilai bisnis dari UMKM bisa mencapai triliyunan jika dilakukan penggunaan teknologi informasi komputer yang tepat, sehingga perkenomian Indonesia bisa bergerak maju dan bisnis UMKM mencapai pada masa "keemasaan".




Yunan Wardana | 2EA17 | 17211658
Sumber : Disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar