Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Sabtu, 26 Januari 2013

Makna Pancasila bagi pemuda

Makna Sila Ketuhanan yang Maha Esa bagi pemuda Indonesia
     Taat kepada Tuhan dan menganggap bahwa Tuhanlah yang maha esa merupakan makna dari pertama, pemuda Indonesia bahkan setiap warga negara Indonesia berkewajiban memeluk salah satu agama yang sesuai keyakinan (tanpa adanya paksaan) yang di akui oleh perundang-undangan, agar para pemuda memiliki suatu moral yang baik dan beradab, saling menghargai adanya perbedaan antar umat beragama.

Makna Sila Kemanusiaan yang Adil dan Beradab
     Memahami makna dari sila ini, agar pemuda Indonesia mampu menjaga keselarasan, keadilan bagi sesama manusia, menjunjung tinggi bahwa sesama manusia itu adalah makhluk yang sama pada hakekatnya.

Makna Sila Persatuan Indonesia
     Sebagai pemuda yang beradab, tentunya menjaga rasa nasionalisme dan persatuan sangat diperlukan bagi pemuda-pemuda Indonesia, sikap tenggang rasa dan saling menghargai menjadi modal utama agar terciptanya persatuan antar pemuda dan masyarakat Indonesia agar terhindar dari sikap-sikap yang dapat merusak persatuan antar suku, daerah maupun agama.

Makna Sila Kerakyatan yang Dipimpin oleh Hikmat Kebijaksanaan dalam Permusyawaratan Perwakilan
     Inti dari sila ini adalah "demokrasi", semua hal dapat di musyawarah-kan, pentingnya musyawarah bagi pemuda Indonesia saat terjadinya perbedaan pendapat, perbedaan pendapat adalah hal biasa dalam demokrasi, namun saat terjadinya perbedaan pendapat, tentunya harus diadakan musyawarah sehingga menghasilkan keputusan yang mufakat agar tidak terjadinya perpecahan.

Makna Sila Keadilan Sosial bagi Seluruh Rakyat Indonesia
     Penanaman sikap dan nilai keadilan penting bagi pemuda karena pemuda adalah pemimpin negara dimasa yang akan yang akan datang.

Intinya, dari semua sila yang terkandung dalam pancasila, mencerminkan sikap-sikap untuk bagaimana seorang pemuda agar memahami ideologi pancasila, sebab belakangan ini, pemuda Indonesia terlalu mudah terpancing oleh sesuatu hal yang dapat memecah persatuan Indonesia. Pemuda yang memahami ideologi negaranya, tentu akan mencinta negara beserta isinya.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar