Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Kamis, 10 November 2011

Menarik minat wisatawan untuk lebih mengenal budaya Indonesia, dilihat dari sudut pandang ekonomi


            (gambar dari : http://media.vivanews.com/thumbs2/2009/11/11/79630_wisatawan_asing_di_patung_garuda_wisnu_kencana_di_bukit_jimbaran__bali_300_225.jpg)


            Indonesia adalah negara kepulauan, dengan dari Sabang sampai Merauke, dari Timor sampai ke Talaud, dan terkenal dengan negara yang kaya  akan budaya dari setiap suku-sukunya, Kekayaan akan budayanya itulah Indonesia menjadi salah satu negara  tujuan objek pariwisata oleh para wisatawan, entah wisatawan dari dalam negeri, maupun wisatawan luar negeri.
            Hal itu terbukti dari statistik yang dilakukan Badan Pusat Statistik, dalam situsnya : “Jumlah wisatawan mancanegara (wisman) yang datang ke Indonesia pada Maret 2010 mencapai 594,2 ribu orang atau naik 16,22 persen dibanding jumlah wisman Maret 2009 yang sebanyak 511,3 ribu orang. Begitu pula jika dibandingkan dengan Februari 2010, jumlah wisman Maret 2010 naik 13,59 persen.” Ada kenaikan wisatawan yang berkunjung ke Indonesia, meskipun sempat terjadi aksi terorisme di Indonesia, tetap tidak mengurangi minat wisatawan untuk datang ke Indonesia.
            Sisi baiknya, dengan datangnya para wisatawan, selain budaya Indonesia akan dikenal luas oleh negara luar, akan berdampak positif pada banyak aspek, dan diantaranya pada perekonomi Indonesia, sebab itu akan berpengaruh pada pendapatan pada pajak, membuka peluang investor asing, juga membuka lapangan kerja baru bagi para penduduk lokal.
      Maka dari itu, sektor industri pariwisata tidak bisa dikesampingkan dalam urusan pendapatan suatu negara (termasuk Indonesia). Dengan memperkenalkan budaya Indonesia ke negara luar, maka akan menarik minat para wisatawan untuk berkunjung ke Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar