Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Minggu, 04 November 2012

Peranan UKM terhadap Perekonomian Nasional

Pengertian           
Usaha Kecil Menengah atau biasa disebut UKM merupakan salah satu bagian terpenting dari perekonimian Indonesia. Menurut Keppres RI no. 99 tahun 1998 tentang pengertian Usaha Kecil adalah: “Kegiatan ekonomi rakyat yang berskala kecil dengan bidang usaha yang secara mayoritas merupakan kegiatan usaha kecil dan perlu dilindungi untuk mencegah dari persaingan usaha yang tidak sehat.”

Kriteria UKM
- Menurut UU No. 9 tahun 1995, kriteria usaha kecil adalah sebagai berikut:
     (1)Memiliki kekayaan bersih paling banyak Rp. 200.000.000,- (Dua Ratus Juta Rupiah) tidak termasuk tanah dan bangunan tempat usaha. (2)Memiliki hasil penjualan tahunan paling banyak Rp. 1.000.000.000,- (Satu Miliar Rupiah). (3)Milik Warga Negara Indonesia. (4)Berdiri sendiri, bukan merupakan anak perusahaan atau cabang perusahaan yang tidak dimiliki, dikuasai, atau berafiliasi baik langsung maupun tidak langsung dengan Usaha Menengah atau Usaha Besar. (5)Berbentuk usaha orang perorangan , badan usaha yang tidak berbadan hukum, atau badan usaha yang berbadan hukum, termasuk koperasi.

Peranan UKM
UKM adalah salah satu tulang punggung dalam perkembangan perekonomian Indonesia, terbukti jumlah UKM hingga 2011 mencapai sekitar 52 juta. UKM di Indonesia sangat penting bagi ekonomi karena menyumbang 60% dari PDB dan menampung 97% tenaga kerja. Tetapi akses ke lembaga keuangan sangat terbatas baru 25% atau 13 juta pelaku UKM yang mendapat akses ke lembaga keuangan. Pemerintah Indonesia, membina UKM melalui Dinas Koperasi dan UKM, di masing-masing Provinsi atau Kabupaten/Kota.

Alasan Pengembangan UKM bagi negara berkembang (Indonesia)
UKM menuntut masyarakat untuk mandiri dalam berproduktif, sehingga sangat membantu terbukanya unit-unit lapangan kerja baru, hal ini akan membantu pemerintah dalam banyak aspek salah satunya dalam mengurangi pengangguran dan kemiskinan.

Source : Disini dan Disini



Tidak ada komentar:

Posting Komentar