Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Minggu, 25 November 2012

Sudahkah Usaha Kecil Menjadi Motor Perekonomian Bangsa?

            Peran usaha kecil dan menengah di Indonesia menurut penilaian saya belum dapat dikategorikan sebagai penopang atau motor bagi perekonomian Indonesia. Ada banyak sebab yang mengakibatkan hal itu terjadi, salah satunya karena kurang mampunya mempertahankan usahanya sendiri sebab masih bergantung pada usaha besar, bahkan usaha kecil tersebut belum mampu memainkan beberapa fungsi  penyelamatan dalam sub-sektor kegiatan.
            Usaha kecil memang sebagai salah satu penyumbang PDB terbesar, namun karena sulitnya perizinan untuk membuka usaha, hal itupun tidak bertahan lama. Usaha kecil sudah tergeser oleh sektor kelompok usaha besar yang ada di Indonesia saat ini, karna porsi sumbangannya terhadap PDB sudah tidak lagi besar, seiring berjalannya waktu, usaha kecil sudah tidak lagi menjadi motor dalam perekonomiaan di Indonesia saat ini. terlebih karna usaha kecil tidak dapat menyediakan lapangan pekerjaan yang besar bagi para pengangguran.
            Hasil identifikasi menurut Badan Pusat Statistik (BPS) pada tahun 2008 lalu diantara, mengenai kendala yang sering menimpa usaha kecil, yaitu:
    1. Kurang permodalan
    2. Kesulitan dalam pemasaran
    3. Persaingan usaha ketat
    4. Kesulitan bahan baku
    5. Kurang teknis produksi dan keahlian
    6. Keterampilan manajerial kurang
    7. Kurang pengetahuan manajemen keuangan
    8. Iklim usaha yang kurang kondusif.
            Sedangkan hal yang dibutuhkan agar jadi motor atau penggerak bagi perekonomian Indonesia yaitu usaha yang stabil, usaha yang tidak mengalami kemerosotan dalam inputnya, terhadap usahanya sendiri, maupun tehadap sumbangannya pada pembentukan PDB saat ini. Usaha yang dibutuhkan yaitu usaha yang dapat meningkatkan sumbangannya terhadap pembentukan PDB, agar  perekonomian di Indonesia dapat tumbuh dan berkembang dengan baik, sehingga tidak lagi mengalami kemerosotan seperti pada zaman krisis moneter dahulu. Untuk itu, yang dibutuhkan saat ini adalah kelompok sektor usaha besar, karena menurut saya itu sangat menjanjikan.
            Kesimpulannya, saat ini usaha-usaha kecil di Indonesia belum mampu menjadi motor penggerak bagi perekonomian bangsa, yang disebabkan oleh kendala-kendala hasil survey dari Badan Pusat Statistik sehingga sering terjadinya kemerosotan bagi usaha tersebut.

Source : DisiniDisini 

 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar