Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Senin, 26 November 2012

Sekilas Tentang Sejarah Koperasi Dunia

            Koperasi dunia muncul pertama kali pada saat terjadi revolusi industri di Inggris sekitar pertengahan abad 18. Revolusi industri di Inggris memunculkan faham kapiltalis yang menguasai hampir sebagian wilayah Eropa barat sebagai faham ekonominya, tapi faham tersebut membuat pertentangan beberapa pihak yang kemudian membuat sistem ekonomi baru yang bernama sistem ekonomi sosialis.
            Sebagai efek dari faham ekonomi kapitalis, membuat para buruh menderita karena dalam ekonomi kapitalis lebih menekankan penguasaan pada pemilik modal, buruh sering sekali tidak mendapat hak-haknya (seperti hak cuti, hak mendapat asuransi, dan gaji yang layak) pada masa itu dan membuat hidup para buruh hidup dalam garis kemiskinan.
            Penderitaan para buruh membuat para sebagian orang di Rochdale, Inggris pada tahun 1844 membentuk koperasi Rochdale yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan kaum buruh di daerah tersebut. Koperasi tersebut mendirikan sebuah toko kecil untuk memenuhi kebutuhan anggotanya seperti rumah dan pendidikan.
            Charles Howart, William King, Robert Owen, dibantu 28 orang temannya yang menjadi pioneer pertama koperasi di Rochdale sehingga disebut sebagai Equitable Pioneer of Rochdale dan kemudian pada tahun 1862 berkembang dan koperasi-koperasi yang ada di Inggris bersatu, dan menjadi pusat koperasi yang bernama "The Cooperative Whole-sale of Society" dan berkembang menyebar keseluruh penjuru dunia.


Editor  : Yunan Wardana | 2EA17 | 17211658 |
Source : Disini

 
Tapi sistem kapitalis ini mendapat pertentangan dari beberapa pihak yang kemudian membuat sistem ekonomi baru yang mendasarkan diri pada keadilan ekonomi yang bernama sistem ekonomi sosialis.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2325615-sejarah-koperasi-dunia/#ixzz2DKtv9sjh
Ieperasi muncul dari revolusi industri yang terjadi di Inggris pada pertengahan abad 18. Revolusi industri yang menunculkan faham kapitalis sangat mengusai dunia saat itu sehingga hampir semua negara erapa barat menjadikan sistem kapitalis sebagai sistem ekonominya. Tapi sistem kapitalis ini mendapat pertentangan dari beberapa pihak yang kemudian membuat sistem ekonomi baru yang mendasarkan diri pada keadilan ekonomi yang bernama sistem ekonomi sosialis.
Sebagai ekses negatif ekonomi kapitalis menghasilkan kaum buruh yang hidupnya menderita karena dalam kapitalis buruh adalah bagian dari faktor produksi sehingga diperlakukan tidak adil oleh pemilik modal. Buruh sering kali tidak mendapatkan hak-haknya, misalnya : hak cuti, hak mendapatkan asuransi dan mendapatkan gaji yang layak. Hal ini menyebabkan banyak buruh yang hidup pada garis kemiskinan dan hidupnya menderita.
Penderitaan kaum buruh tersebut mendorong sebagian orang yang ada di rochdale, Inggris pada tahun 1844 membentuk koperasi rochdale yang bertujuan memenuhi kebutuhan konsumsi kaum buruh di daerah tersebut. Kaperasi tersebut mendirikan sebuah toko kecil yang menyediakan kebutuhan anggotanya, selain juga membantu anggotanya untuk memiliki rumah serta mengembangkan pendidikan anggotanya. Charles Howart, William King, Robert Owen dengan dibantu 28 orang temannya yang menjadi pioner pertama koperasi Rochdale sehingga mereka disebut Equitable Pionner of Rochdale.
Seiring dengan berkembangannya koperasi di Inggris, maka pada tahun 1862, koperasi-koperasi konsumsi yang ada di Inggris menyatukan diri menjadi pusat koperasi yang bernama The Cooperative Whole-sale Society . Perkembangan koperasi di Inggris kemudian menyebar keseluruh Eropa bahkan keseluruh dunia.


Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2325615-sejarah-koperasi-dunia/#ixzz2DKsArlSJ
Revolusi industri yang menunculkan faham kapitalis sangat mengusai dunia saat itu sehingga hampir semua negara erapa barat menjadikan sistem kapitalis sebagai sistem ekonominya.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2325615-sejarah-koperasi-dunia/#ixzz2DKs2Qxny
Revolusi industri yang menunculkan faham kapitalis sangat mengusai dunia saat itu sehingga hampir semua negara erapa barat menjadikan sistem kapitalis sebagai sistem ekonominya.

Sumber: http://id.shvoong.com/social-sciences/economics/2325615-sejarah-koperasi-dunia/#ixzz2DKs2Qxny

Tidak ada komentar:

Posting Komentar