Pages

FORZA JUVE !

FORZA JUVE !

Sabtu, 23 November 2013

Sikap Kosumen

DEFINISI SIKAP KONSUMEN

            Engel, Blackwell, dan Miniard (1995) mengemukakan bahwa sikap menunjukkan apa yang konsumen sukai dan yang tidak disukai. Definisi tersebut menggambarkan pandangan kognitif dan psikolog social, dimana sikap dianggap memiliki 3 unsur; (1) kognitif (pengetahuan), 2 afektif (perasaan), (3) konatif (tindakan). Dapat disimpulkan bahwa sikap merupakan ungkapan perasaan konsumen tentang suatu objek apakah disukai atau tidak, dan sikap juga bisa menggambarkan kepercayaan konsumen terhadap berbagai atribut dan manfaat dari objek tersebut.

            Sikap konsumen adalah aktor penting yang akan mempengaruhi keputusan konsumen. Mowen dan Minor (1998) menyebutkan bahwa istilah pembentukan sikap (costumer attitude formation) sering kali menggambarkan hubungan antara kepercayaan, sikap, dan perilaku. Kepercayaan sikap dan perilaku juga terkait dengan konsep atribut produk. Atribut produk adalah karakteristik dari suatu produk. Konsumen biasanya memiliki kepercayaan terhadap atribut suatu produk.


FUNGSI FUNGSI SIKAP

Fungsi Utilitarian
  • Seorang menyukai suatu produk karena ingin memperoleh manfaat dari produk tersebut atau menghindari resiko produk.
  • Karena itu sikap berperan seperti operan conditioning. Iklan Osram mengkomunikasikan “hemat listrik: lebih ekonomis dan tahan 6000 jam”.
Contoh : Seseorang menyukai makan sayur dan buah-buahan karena keduanya megandung serat yang sangat bermanfaat bagi kesehatan dan kebugaran konsumen. Sebaliknya, seseorang tidak merokok karena rokok membahayakan bagi kesehatannya. Contoh lainnya iklan produk perangkat computer yaitu hardisk Samsung yang mengkomunikasikan manfaat Utilitarian dari merek produknya, yaitu aman dalam proses transmisi data dengan ungkapan: “reliabitity, says it all”.

Fungsi Mempertahankan Ego
  • Sikap melindungi  citra diri seseorang.
  • Seseorang menyukai sepatu bertumit tinggi, supaya dia merasa lebih tinggi sehingga mengurangi rasa minder dan meningkatkan kepercayaan diri.
Contoh : seseorang selalu menggunakan sepatu bertumit tinggi, karena dia merasa menjadi lebih tinggi, sehingga bisa mengurangi rasa minder dan meningkatkan kepercayaan diri sendiri. Sebuah iklan cetak Anlene member pesab=n dengan konsep fungsi mempertahankan ego. Konsumen memiliki rasa khawatir menjadi tulang kropos, ia harus melawan rasa takut tersebut , ia harus mempertahankan rasa egonya. Anlene member solusi agar konsumen terhindar dari rasa takut tulang kropos dengan mengkonsumsi susu Anlene.

Fungsi Ekspresi Nilai 
  • Sikap akan menggambarkan minat/hobi.
  • Seseorang lebih suka membeli pakaian dibutik dan tidak suka membeli pakaian di took.

Contoh : Sikap seseorang menggambarkan minat, hobby membeli pakaian dibutik menggambarkan ekspesikelas social seserang. Butik selalu diasosiasikan dengan tempat penjualan pakaian yang baik dan berkelas.

Fungsi Pengetahuan
  • Sikap positif terhadap suatu produk mencerminkan pengetahuan konsumen akan suatu produk.
  • Yang dilakukan pemasar, brosur berisi pengetahuan mengenai produk dan penggunaan produk, dan sebagainya.

Contoh : Poster Nutrisari mengubah sikap konsumen dengan meningkatkan pengetahuan mengenai manfaat  warna sayur dan buah buah yang beragam. Peningkatan pengetahuan konsumen diharapkan dapat meningkatkan konsumsi terhadap produk tersebut.

Kombinasi beberapa fungsi

            Strategi mengubah sikap sering dilakukan dengan cara memaparkan beberapa fungsi sikap untuk menarik perhatian konsumen, sehingga mereka terdorong untuk mengubah sikapnya. Hal tersebut dilandasi oleh beragamnya faktor yang menyebabkan seorang konsumen menyukai atau tidak menyukai  suatu produk. Oleh karena itu, sangat penting untuk mengkombinasikan beberapa fungsi agar konsumen dapat mengkonsumsi produk kita.


TIGA KOMPONEN SIKAP

            Ada tiga komponen yang secara bersama-sama membentuk sikap utuh (total attitude), yaitu :
  • Kognitif (cognitive). Berisi kepercayaan seseorang mengenai apa yang berlaku atau apa yang benar mengenai obyek sikap. Sekali kepercayaan itu terbentuk maka ia akan menjadi dasar seseorang mengenai apa yang diharapkan dari obyek tertentu.
  • Afektif (affective). Menyangkut masalah emosional subyektif seseorang terhadap satu obyek sikap. Secara umum komponen ini disamakan dengan perasaan yang dimiliki obyek tertentu.
  • Konatif (conative). Komponen konatif atau komponen perilaku dalam struktur sikap menunjukkan bagaimana perilaku atau kecenderungan berperikaku dengan yang ada dalam diri seseorang berkaitan dengan obyek sikap yang dihadapi (Notoatmodjo, 1997).


PERAN SIKAP DALAM PENGEMBANGAN STRATEGI PEMASARAN

            Sikap konsumen terhadap suatu produk dapat bervariasi bergantung pada orientasinya. Berkenaan dengan sikap konsumen ini, para pemasara dapat  mengidentifikasi segmen konsumen berdasarkan menfaat produk yang diinginkan konsumen. Segmentasi manfaat produk bagi konsumen merupakan hal yang paling mendasar untuk membidik konsumen, karena manfaat yang diinginkan akan mampengaruhi  sikap dan perilaku mereka terhadap merek, dengan demikian akan menentukan keputusan konsumen terhadap produk tersebut.

            Pemahaman sikap konsumen merupakan hal yang sangat krusial terutama dalam pengembangan strategi pemasaran. Pengembangan produk dapat dilakukan dengan terlebih dahulu melakukan penenlitian untuk mengetahui sikap konsumen. Penelitian untuk mengukur sikap konsumen dapat dilakukan dengan cara menyebarkan kuesioner kepada kelompok konsumen sasaranyang sebelumnya telah diidentifikasi.kelompok konsumen itu bisa didasarkan pada demografi, kelas social, dan gaya hidup. Terhadap segmen sasaran itu sejumlah pertanyaan mengenai produk yang akan dikembangkan diajukan. Dengan mendasarkan pada sikap dan penilaian segmen konsumen itulah pengembangan produk dilakukan.

            Sikap konsumen merupakan hal yang sangat penting dalam pengembangan strategi promosi atau strategi pemasaran. Misalnya, jika sikap konsumen dari segmen pasar tertentu yang telah diidentifikasi menginginkan produk yang mudah dibawa dan mampu menyelesaikan segala persoalan untuk prosuk komputer laptop, maka strategi promosinya harus menekankan pada penggambaran mobilitas dan penyelesaian persoalan denga cepat. Dengan demikian jufa untuk segmen pasar lain, pengembangan produk harus menyesuaikan sikap konsumen agar tujuan promosi atau pemasaran dapat tecapai.


HUBUNGAN ANTARA SIKAP DAN PERILAKU

            Sikap dan perilaku sering dikatakan berkaitan erat, dan dengan hasil penelitian juga memperlihatkan adanya hubungan yang kuat antara sikap dan perilaku. Salah satu teori yang bisa menjelaskan hubungan antara sikap dan perilaku yang dikemukakan oleh Fishbein dan Ajzen. Menurut mereka, antara sikap dan perilaku terdapat satu faktor psikologis yang harus ada agar keduanya konsisten, yaitu niat (intention). Worchel dan Cooper (1983) menyimpulkan sikap dan perilaku bisa konsisten apabila ada kondisi sebagai berikut:
    • Spesifikasi sikap dan perilaku
    • Relevansi sikap terhadap perilaku
    • Tekanan normatif
    • Pengalaman

Yunan Wardana | 17211658 | 3EA17
Sources : Disini | Disini |  Disini


Tidak ada komentar:

Posting Komentar